Peringati Hari Lahir Pancasila, Rutan Makale Gelar Upacara Bendera

Kadanta.Media Tana Toraja –  Dengan mengenakan busana adat, jajaran Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale Kemenkumham Sulsel menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06/2023).

Tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen BPUPKI dalam merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, upacara dilaksanakan di lapangan Rutan Makale dan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Makale, Luther Toding Patandung selaku Inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Luther menyampaikan bahwa toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh, menciptakan dunia yang damai dan sejahtera.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, menolak politisasi indentitas dan agama, serta menolak segala bentuk provokasi. Mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan suka cita dengan memegang teguh Pancasila,” tutur Luther.

Di akhir kegiatan, Luther mengajak seluruh jajaran untuk tetap memegang teguh nilai-nilai idiologi Pancasila dan mengamalkannya dalam bekerja.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, jaga dan pegang teguh nilai-nilai pancasila dalam melaksankan tugas pokok dan fungsi kita dalam bekerja” Tutup Luther.

Upacara berjalan penuh khidmat diikuti oleh pejabat struktural, jajaran staf, dan warga binaan Rutan Makale. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.(*)KaM.

Bagikan