Rutan Makale Resmi Tutup Rehabilitasi Medis WBP Penyalahguna Narkotikam

Kadanta.Media Tana TorajaSetelah berjalan selama 6 bulan, program Rehabilitasi Medis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Penyalahguna Narkotika Rutan Kelas IIB Makale Kemenkumham Sulsel resmi ditutup, Kamis (15/09/2022).

Bertempat di lapangan Rutan Makale, hadir secara langsung dalam kegiatan ini Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Plh. Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Perwakilan Polres Tana Toraja, Kepala Sub Koordinator Rehabilitasi BNNK Tana Toraja, Konselor Adiksi BNNK Tana Toraja, Dokter Psikiater serta jajaran Rutan Makale.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan laporan singkat oleh Kamal Yahya (Kasubsi Pelayanan Tahanan) selaku Program Manager Rehabilitasi Medis Rutan Makale. Dalam laporannya, Kamal Yahya menyampaikan tahapan kegiatan pelaksanaan Rehabilitasi Medis.

“Kegiatan Rehabilitasi Medis ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Februari hingga Juli dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang terdiri dari 16 Pria dan 4 Wanita,” tutur Kamal.

Kegiatan Rehabilitasi Medis ini terdiri dari 4 tahapan antara lain Skrining awal, Assesmen awal dan pemeriksaan urin, Konseling Adiksi sebanyak 16 sesi, serta Assemen Akhir dan Pemeriksaan Urin yang keseluruhannya dilaksanakan oleh Dokter Psikiater, dan para Konselor.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Makale, Luther Toding Patandung menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan Rehabilitasi Medis.

“Dengan selesainya Rehabilitasi Medis ini, kami berharap tentunya saudara-saudara akan terputus dari jeratan obat-obat terlarang serta kembali menjalani kehidupan yang lebih baik tanpa Narkoba dan zat adiktif lainnya,”pungkas Luther.

Lebih lanjut, Luther juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Rehabilitasi Medis ini.

“Pelaksanaan Rehabilitasi Medis Rutan Makale ini tidak terlepas dari dukungan stakeholder dan kerjasama antar instansi terkait. Terima kasih kepada Dokter Kristanti Randa Arung selaku dokter Psikiater, Konselor BNNK Tana Toraja, Tim Rehabilitasi Medis Rutan Makale dan seluruh WBP peserta Rehabilitasi Medis sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan baik,” lanjut Luther.

Penutupan Rehabilitasi Medis ini ditandai dengan pelepasan Id Card peserta Rehabilitasi Medis dan foto bersama.(*)KaM.

Bagikan